Apkasi

Populasi dunia berkembang semakin pesat. PBB memperkirakan bahwa dunia memiliki total populasi 7,4 miliar. Karena peningkatan populasi yang luar biasa, kota-kota di seluruh dunia menghadapi tantangan yang kompleks seperti masalah sosial, masalah ekonomi, masalah lingkungan, perencanaan infrastruktur kota dan masalah pemerintahan.

Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) sebagai salah satu lembaga yang memiliki kepentingan untuk mengembangkan daerah di Indonesia menuju ke arah yang lebih baik, bermaksud untuk menyediakan platform yang dapat mengumpulkan dan mempertemukan pimpinan daerah (kabupaten) dengan pelaku bisnis baik dari swasta dan akademisi, untuk memamerkan ide dan solusi inovatif mereka. Selain itu, diharapkan juga akan memberi kesempatan untuk berinspirasi, berbagi pengalaman dan pengetahuan, berinovasi, memperluas jaringan dan bisnis secara langsung dengan kepala daerah untuk menentukan dan mengusulkan solusi untuk perencanaan, penerapan, dan pembuatan kebijakan smart regency dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi dan inovasi terbaru.

Untuk itu, bertepatan dengan diselenggarakannya Rapat Kerja Nasional Apkasi 2019, APKASI bekerja sama dengan PT. Garindo Media Tama akan menyelenggarakan Apkasi Smart Regency Expo & Forum 2019 pada tanggal 21-23 Agustus 2019 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Bali. Tujuan utama Apkasi Smart Regency Expo & Forum 2019 ini adalah untuk mengedukasi masyarakat di era digitalisasi dengan memperkenalkan produk dan sistem yang dapat digunakan oleh pemerintah kabupaten untuk mengembangkan smart regency di daerahnya masing-masing guna mempercepat akselerasi tercapainya masa depan yang lebih baik dan merata di seluruh Indonesia. Acara yang juga didukung oleh Kominfo RI, APTIKNAS dan APJII ini akan diselenggarakan dalam bentuk pameran, forum, dan workshop, yang akan dihadiri oleh Bupati di seluruh Indonesia beserta jajarannya dan instansi terkait.

Expo Apkasi Smart Regency 2019 akan diikuti oleh kementerian terkait serta perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi berskala nasional dan internasional.  Dalam sesi workshop, peserta pameran akan mempresentasikan produk dan sistem yang dapat diimplementasikan dalam pengembangan smart regency/city di daerah secara lebih mendalam kepada kepala daerah secara langsung.

Forum Apkasi Smart Regency 2019 ini akan diselenggarakan dalam format diskusi panel, dengan menghadirkan pembicara dari pemerintah pusat dan daerah, pakar tata kota dan teknologi, serta pelaku bisnis dalam kaitannya dengan pengembangan smart regency/city. Tema yang akan didiskusikan berkaitan dengan:

  • Bagaimana menjadikan tata kelola pemerintah daerah lebih efektif dan efisien, transparan, inklusif, responsif, partisipatif, dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Pemanfaatan informasi dan teknologi, data, sistem berbasis cloud, AI (Artificial Intelligence), dan IoT (Internet of Things) dalam membentuk sistem untuk masyarakat dan membangun pemahaman masyarakat dalam transformasi digital
  • Menuju kehidupan yang lebih baik untuk semua kalangan masyarakat: ekonomi, lingkungan, kesehatan, transportasi, perumahan, ruang publik, dan transparansi dengan membangun pola pikir dan partisipasi masyarakat dengan meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan Pendidikan. (sumber: APKASI).